Kuliah ini berdasar Kurikulum 2018 Departemen Sistem Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Banyak yang tak membayangkan, bisnis-bisnis tradisi yang telah mapan pun tergantikan dengan bisnis digital. Perkembangan bisnis digital begitu pesat, meluas memenuhi kebutuhan di segala sektor kehidupan manusia. Kuliah ini akan menantang peserta untuk beride kreatif membuat produk inovasi bisnis digital yang dapat menjawab kebutuhan sebagian masyarakat. Untuk itu, materi kuliah ini fokus pada pengenalan audiens, strategi branding, kreatifitas, desain dan pembuatan produk digital, serta penyebaran pesan. Dengan pemahaman berbagai teknik kreatif, konsep desain dan pemasaran digital, serta pengalaman dalam proses pembuatan produk digital di kuliah ini, peserta akan memiliki portofolio inovasi produk digital yang berguna bagi masyarakat.

Setelah kuliah, peserta diharapkan memiliki kemampuan dibidang

Ketrampilan Khusus
  • Mampu menghasilkan produk digital yang menjawab kebutuhan sebagian masyarakat
Ketrampilan Umum
  • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  • Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  • Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
  • Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  • Mampu mengembangkan diri dan bersaing di tingkat nasional maupun internasional;
  • Mampu mengimplementasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam konteks pelaksanaan pekerjaannya;
  • Mampu menerapkan kewirausahaan dan memahami kewirausahaan berbasis teknologi;
  • Memiliki ide inovatif TI sebagai solusi permasalahan aktual;
  • Membuat karya, karya ilmiah dan/atau kewirausahaan TI yang memberikan rancangan solusi terhadap problem aktual.
Pengetahuan
  • Memiliki pengetahuan tentang proses dan konsepsi ide, serta perancangan dan pemasaran produk digital di usaha startup TI
Sikap
  • Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  • Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  • Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  • Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  • Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  • Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
  • Berusaha secara maksimal untuk mencapai hasil yang sempurna;
  • Bekerja sama untuk dapat memanfaatkan semaksimal mungkin potensi yang dimiliki.

Selain mahasiswa, kuliah ini juga penting bagi:

  • Manajer dan staff marketing
  • Manajer dan staff desain grafis
  • Desainer konten digital
  • Perintis usaha TI
  • Pihak-pihak lainnya yang terlibat dalam pengelolaan usaha TI

Course Curriculum

Minggu 1: Hello Kreatif Digital
Pembuka Hello Kreatif DigitalFREE 00:02:00
Daftar materi yang akan dipelajari di sesi ini
Peluang dan Tantangan Ekonomi Digital IndonesiaFREE 00:03:00
Startup Digital menjadi trend generasi muda Indonesia.
Kreatifkah Kamu?FREE 00:03:00
Simulasi untuk mengetes kreatifitas Anda.
Proses Pembelajaran Kreatif DigitalFREE 00:10:00
Serangkaian pendekatan yang digunakan dalam kuliah Kreatif Digital.
Tombol Tatap Muka Kreatif DigitalFREE 00:02:00
Video conference kuliah kreatif digital.
Delivery Belajar Kreatif DigitalFREE 00:05:00
Galeri karya dalam kuliah kreatif digital
Target Akhir Capaian Kreatif Digital1, 00:00
Sumber dan Referensi Kreatif Digital 00:03:00
Berbagai sumber dan referensi yang dipakai dalam pembelajaran ini.
Minggu 2: Mengenali Audiens
Intro Mengenali Audiens 00:01:00
Informasi tujuan dan materi yang dipelajari dalam sesi mengenali audiens.
Siapa Saja Audiens Itu? 00:08:00
Dengan mengenali audiens, akan mampu mempengaruhi mereka dengan efektif..
Ciri Audiens Dunia Digital 00:05:00
Apa yang mempengaruhi minat audien untuk memilih konten yang akan mereka nikmati.
Membangun Audiens 00:10:00
Strategi membangun audiens sebelum bisnis di launching.
Meningkatkan Keterlibatan Audiens 00:20:00
Semakin banyak keterlibatan audiens, semakin besar kemungkinan mereka untuk akhirnya membeli produk atau jasa yang ditawarkan.
Konten Marketing30, 00:00
Kuis Mengenali Audiens 00:05:00
Minggu 3: Strategi Branding
Intro Strategi Branding 00:01:00
Materi bahasan pada sesi strategi branding
Apa itu Band? 00:12:00
Identitas yang membedakan produk/jasa satu dengan lainnya.
Pentingnya Branding 00:08:00
Berbagai nilai produk/jasa yang akan senantiasa diingat audiens dan konsumen.
Nge-Branding 00:12:00
Langkah-langkah dalam menyiapkan dan mengkomunikasikan brand produk/jasa yang ditawarkan.
Gaya Visual Branding 00:10:00
Kuis yang dapat membantu membuat visual brand
Menguatkan Brand 00:15:00
Tahapan menjadikan brand produk/jasa dengan citra yang baik dan akan sangat menguntungkan bagi pebisnis.
Kuis Strategi Branding 00:05:00
Minggu 4: Menggali dan Mengkonsep Ide
Intro Menggali dan Mengkonsep Ide 00:00:00
Materi bahasan pada sesi menggali dan mengkonsep ide
Kreatif vs Inovatif 00:03:00
Menjelaskan perbedaan antara kreatif dan inovatif.
Teknik Kreatifitas 00:10:00
Cara menemukan ide dan solusi kreatif untuk menjawab masalah dan tantangan yang ada.
Merubah Ide Menjadi Konsep 00:10:00
Cara merubah ide ke dalam sebuah konsep yang siap diproduksi menjadi konten.
Konsep dengan Sketsa 00:08:00
Menyampaikan ide-ide terpilih dalam bahasa gambar sederhana.
Menulis Naskah 00:15:00
Menyusun ide-ide menjadi sebuah konsep cerita.
Membuat Konsep Bergambar 00:15:00
Mendiskripsikan cerita melalui serangkaian gambar yang disusun dalam storyboard.
Storyboard Sederhana5, 00:00
Kuis Menggali dan Mengkonsep Ide 00:05:00
Minggu 5: Elemen Penting dari Sebuah Desain
Memahami Elemen Desain Grafis 00:00:00
Konten yang berhasil menjadi perhatian dimulai dari desain grafis yang menarik dan mudah dipahami.
Elemen Penting Desain Website 00:00:00
Mendesain tampilan yang menggoda audiens untuk belama-lama di website.
Perbedaan Vital Desain Grafis dan Website 00:00:00
Kuis Elemen Penting Desain 00:05:00
Minggu 6: Tindakan Merubah Desain
Intro Tindakan Merubah Desain 00:02:00
Agenda sesi Tindakan Merubah Desain
Desain Grafis dan Perubahan 00:03:00
Menjelaskan latas belakang perubahan desain grafis
Memahami Psikologi Desain 00:05:00
Menjelaskan prinsip-prinsip penggunaan desain grafis sesuai psikologi audiens
Tindakan Terbaik Mengubah Foto 00:20:00
Memodifikasi Desain yang Tak Melanggar Hak Cipta 00:00:00
Menjelaskan penggunaan gambar yang memiliki hak cipta
Minggu 7: Merancang Konten Yang Luar Biasa
Mana Lebih Penting? Desain atau Konten 00:03:00
Menjelaskan pentingnya desain dan konten
Prasyarat Membuat Konten yang Menarik 00:00:00
Tips Membuat Konten yang Efektif 00:12:00
Kuis Merancang Konten 00:05:00
Minggu 8: Penilaian Awal Kompetensi
UTS Kreatif Digital 00:37:00
Minggu 9-11: Proses Desain Digital
Perencanaan Kegiatan Desain Digital 00:10:00
Menjelaskan bagaimana proses pembuatan konten digital direncanakan
Lebih Dalam dengan Tools Desain Digital 00:15:00
Ekplorasi tools yang dapat digunakan dalam membuat konten digital
Galeri Konten Digital 00:00:00
Kuis Proses Desain Digital 00:05:00
Minggu 12: Menyebarkan Pesan
Media Komunikasi 00:00:00
Hal yang Dilakukan dalam Publikasi Konten 00:00:00
Cara Membuat Publikasi Konten 00:00:00
Membuat Posting di Google 00:00:00
Memviralkan Publikasi Konten 00:00:00
Minggu 13-14: Presentasi Layaknya Profesional
Menjadi Presenter Profesional 00:00:00
Teknik Presentasi Steve Jobs 00:00:00
Bikin presentasi Cantik 00:00:00
Melakukan Presentasi Yang Memukau 00:00:00
Minggu 15: Menjaga Motivasi Diri dan Tim
Kekompakan Tim Rintisan 00:00:00
Cara Ampuh Memotivasi Tim 00:00:00
Meningkatkan Kepercayaan Tim 00:00:00
Membangun Kerjasama Tim 00:00:00
Menjaga Tim Tetap Solid 00:00:00
Minggu 16: Refleksi Kreatif Digital
Membuat Refleksi Diri 00:00:00
Refleksi Pembelajar 00:00:00

Course Reviews

3

3
1 ratings
  • 5 stars0
  • 4 stars0
  • 3 stars0
  • 2 stars0
  • 1 stars0

No Reviews found for this course.

PRIVATE COURSE
  • PRIVATE
  • 3 months, 3 weeks
  • Course Badge
  • Course Certificate
40 STUDENTS ENROLLED

Top Rated Course

Course Reviews

    X