• LOGIN
  • No products in the cart.

Kuliah ini berdasar 
Kurikulum 2018 Departemen Sistem Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya

Majunya sebuah negara bisa ditengarai dari banyaknya wirausaha yang ada. Saat ini wirausaha bidang digital menjadi favorit karena sifatnya dapat tumbuh berkembang cepat dan bisa ada di semua sektor kehidupan. Kuliah ini akan menantang peserta untuk membuat wirausaha digital yang dapat memberikan rancangan solusi terhadap problem aktual masyarakat. Untuk itu, materi kuliah ini fokus pada pemahaman pasar dan customer, ide dan konsep bisnis, keunggulan kompetitif, desain produk/service, pemodalan, rencana pemasaran, positioning terhadap kompetitor, manajemen bisnis dan proyeksi pertumbuhan. Dengan pengalaman diskusi, problem solving, kuliah tamu, pitching dan pameran di kuliah ini, peserta akan memiliki ide inovasi solusi teknologi infromasi (TI) yang mulai dirancang dan diwujudkan dalam bentuk digital startup.

Capaian Pembelajaran

Setelah kuliah, peserta diharapkan memiliki kemampuan dibidang:

Keterampilan Khusus

  • Mampu merencanakan dan merancang bisnis digital yang menjawab kebutuhan sebagian masyarakat

Keterampilan Umum

  • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, & inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan & teknologi yang memperhatikan & menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  • Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, & terukur;​
  • Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan & menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara & etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
  • Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi & data;
  • Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  • Mampu mengembangkan diri & bersaing di tingkat nasional maupun internasional;
  • Mampu mengimplementasikan teknologi informasi & komunikasi dalam konteks pelaksanaan pekerjaannya;
  • Mampu menerapkan kewirausahaan & memahami kewirausahaan berbasis teknologi;
  • Membuat karya, karya ilmiah dan/atau kewirausahaan TI yang memberikan rancangan solusi terhadap problem aktual.

Pengetahuan

  • Memiliki pengetahuan lingkungan bisnis (termasuk manajemen, organisasi, fungsi, proses bisnis) saat ini dan masa dating;
  • Memiliki pengetahuan lingkungan TI (termasuk proses, organisasi, aplikasi, infrastruktur, SDM TI, dan data) saat ini dan masa datang.

Sikap

  • Memiliki pengetahuan lingkungan TI (termasuk proses, organisasi, aplikasi, infrastruktur, SDM TI, dan data) saat ini dan masa datang.
  • Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  • Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
  • Berusaha secara maksimal untuk mencapai hasil yang sempurna;
  • Bekerja sama untuk dapat memanfaatkan semaksimal mungkin potensi yang dimiliki.

Siapa yang perlu ikut?

Selain mahasiswa, kuliah ini juga penting bagi:

  • Chief Information Officer (CIO)
  • Perintis usaha TI
  • Pihak-pihak lainnya yang terlibat dalam pengelolaan usaha TI

Hits: 852

Course Curriculum

Sesi 1: Punya Startup, Mau?
Preambul Rintisan Bisnis FREE 00:01:00
Rintisan Bisnis vs Startup 00:08:00
Kesuksesan Rintisan Bisnis 00:10:00
Memulai Rintisan Bisnis FREE 00:24:00
Tim dan Ide Rintisan Bisnis 00:08:00
24 Langkah Mendirikan Rintisan Bisnis 00:12:00
RPS Rintisan Bisnis Digital 00:05:00
Pembelajaran dengan itsDaring FREE 00:08:12
Digital Class Time FREE 00:03:00
Delivery Rintisan Bisnis Digital FREE 00:10:00
Sumber dan Referensi Rintisan Bisnis 00:01:00
Passion Bisnis 1, 00:00
Ide dan Tim Kerja Rintisan Bisnis 5, 00:00
Sesi 2: Pasar dan Customer
Intro Pasar dan Customer FREE 00:02:00
Mensegmentasi Pasar 00:20:00
Riset Pasar 00:18:00
Memilih Pasar Beachhead 00:10:00
Membangun Customer Profile 00:08:00
Kalkulasi Target Addressable Market (TAM) 00:18:00
Memprofil Customer Persona 00:10:00
Kuis Pasar dan Customer 00:05:00
Sesi 3: Apa yang Diperoleh Customer?
Intro Yang Diperoleh Customer FREE 00:24:00
Merancang Use Case 00:18:00
Menspesifikasi Produk 00:22:00
Mengkuantifikasi Proposisi Nilai 00:18:00
Mendefinisikan Inti Bisnis 00:12:00
Menetapkan Posisi Persaingan 00:12:00
Kuis Apa yang Diperoleh Customer 00:05:00
Sesi 4: Cara Customer Memperoleh Produk
Intro Cara Customer Memperoleh Produk FREE 00:02:00
Menetapkan Unit Pengambil Keputusan 00:14:00
Memetakan Proses Akuisisi Customer 00:12:00
Menindak Lanjuti TAM 00:14:00
Sesi 5: Menghasilkan Uang dari Produk
Merancang Model Bisnis 00:30:00
Kerangka Kerja Harga 00:20:00
Unit Ekonomi 00:10:00
Compounding dan Discounting 00:26:00
Net Present Value (NPV) 00:16:00
Kalkulasi Life Time Value (LTV) 00:26:00
Memetakan Proses Penjualan 00:14:00
Cost of Customer Acquisition (COCA) 00:30:00
Sesi 6: Desain dan Pengembangan Produk
Intro Desain dan Pengembangan Produk FREE 00:01:00
Pendekatan Lean 00:08:00
Lean: Membangun 00:12:00
Lean: Eksperimen 00:28:00
Lean: Belajar 00:24:00
Sesi 7: Akutansi dan Keuangan
Intro Akutansi dan Keuangan FREE 00:02:00
Cash Basis Accounting 00:14:00
Accrual Accounting 00:16:00
Balance Sheet 00:26:00
Proses Depresiasi 00:26:00
Sesi 8: Mengkomunikasikan Rintisan Bisnis
Intro Mengkomunikasikan Rintisan Bisnis FREE 00:01:00
Keterampilan Komunikasi 00:18:00
Membuat Brosur 00:16:00
Presentasi Pitch Deck 00:32:00
Intro Menghasilkan Uang dari Produk FREE 00:01:00

Course Reviews

N.A

ratings
  • 5 stars0
  • 4 stars0
  • 3 stars0
  • 2 stars0
  • 1 stars0

No Reviews found for this course.


Cara generasi milinial mendongkrak kompetensi diri dengan belajar online yang multimedia, aplikatif, sehat dan berintruksi efektif dari instruktur yang ahli dibidangnya.

ITS DARING: BELAJAR ONLINE LANGSUNG DARI AHLINYA

Who’s Online

There are no users currently online

Subscribe From

top
X